Senin, 09 Juni 2014

Tugas 4 Skripsi Mengenai Semantik



ADJEKTIVA BAHASA JAWA DIALEK SURABAYA DI DESA PANGKALAN KASAI KECAMATAN SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU
BAB PENDAHULUAN
1.1            Latar Belakang Masalah       
1.1.1    Masalah
Bahasa adalah salah satu unsur kebudayaan yang memiliki banyak fungsi. Di antara banyak fungsi yang dimiliki oleh bahasa, fungsinya adalah sebagai alat komunikasi atau alat interaksi yang hanya dimiliki manusia. sementara komunikasi bertujuan mentransformasikan ide atau maksud di antara mereka yang melakukan komunikasi. Maka apabila ide atau maksud tidak berhasil disampaikan dalam suatu komunikasi, komunikasi itu dianggap tidak efektif.
Chaer (2007:32) mengemukakan “Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota kelompok sosial untuk kerja sama, berkomunikasi dan mengidentivikasikan diri”. Bahasa merupakan hasil dari aktivitas manusia. melalui bahasa akan terungkap suatu hal yang ingin disampaikan pembicara kepada pendengar, penulis kepada pembaca, dan penyapa kepada pesapa. Hal tersebut berupa informasi-informasi, baik berupa lisan maupun yang berbentuk tulisan.
Indonesia memiliki berbagai macam suku dan mempunyai beranekaragam bahasa yang dimiliki oleh tiap-tiap daerah. Daerah yang mempunyai bahasa tersebut misalnya bahasa batak, jawa, sunda, madur, dan sebagainya. Bangsa Indonesia mempunyai bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi untuk menyatukan bangsa yang terdiri atas beragam bahasa dan budaya ini.
Bahasa daerah sangat penting untuk memperkaya kebudayaan bahasa Indonesia. Hamid (1988:27) mengatakan “Bahasa daeah adalah yang dipergunakan penduduk asli suatu daerah biasanya dalam wilayah yang mempunyai banyak bahasa yang dipertentangkan dengan bahasa resmi atau bahasa nasional”.
Penelitian bahasa daerah yang ada di Nusantara sangat diperlukan, Indonesia merupakan negara yang kaya akan daerah yang beranekaraga. Setiap daerah yang ada di wilayah nusantara ini, mempunyai bahasa tersendiri dengan dialek yang beragam pula, terutama jika dilihat dari adjektivanya.
Bahasa Jawa dialek Surabaya khususnya di desa pangkalan kasai, banyak dipengaruhi oleh bahasa daerah lain. Oleh karena itu di desa pangkalan kasai terdapat suku-suku lain seperti sunda, batak, dan melayu. Suku-suku tersebut juga menggunakan bahasa Jawa disamping menggunakan bahasa daerah mereka masing-masing. Pemakaian bahasa jawa sebagai bahasa perhubungan antara penduduk ini meliputi lingkungan yang cukup luas, hampir pada setiap tempat dan situasi. Mulai dari lingkungan keluaraga, adat,dan agama, hingga bahasa jawa ini semakin berkembang.
Alwi (2003:24) menyatakan “Bahasa dapat berkembang karena adanya kontak dengan bahasa dan budaya lain. Adanya kontak dengan budaya lain dapat menimbulkan perubahan-perubahan terhadap suatu bahasa dan perlu mendapatkan perhatian khusus untuk memelihara bahasa tersebut”.
Lapoliwa (1998:1)
Dasar garis haluan pasal 36, Undang-Undang Dasar 1945, dan penjelasannya menjelaskan menerangkan hubungan antara bahasa Indoensia dan bahasa daerah. Atas dasar itu, bahasa dan sastra sebagai bagian kebudayaan Indonesia perlu dikembangkan dan dibina demi tujuan nasional, sebagaimana termaktub dalam pembukaan Undang-UndangDasar 1945”.
Bahasa jawa dialek surabaya ini identik dengan penggunaan kata ‘arek-arek’ yang artinya anak-anak yang digunakan untuk memanggil kawan sebaya. Kata ‘arek’ inilah yang membedakan dengan bahasa jawa pada umumnya akan tetapi pada setiap percakapan biasanya juga sering menggunakan kata ‘rek’ dalam setiap kalimat yang diucapkan sebagai tambahan. Contohnya : yo’opo ‘rek’ tugas kuliahmu? wes mari taa? mosok ngunu ae gak isose ‘rek’, kok sue tenan. [gimana tugas kamu?masak gitu aja gak bisa, ko lamakali].
Adjektiva bahasa jawa dialek Surabaya merupakan peran yang sangat penting dalam pembinaan dan pengundangan bahasa yang dapat dijadikan dokumentasi dalam upaya pengembangan selanjutnya dan mengetahui lebih jauh tentang adjektiva yang terdapat dalam bahasa jawa dialek Surabaya di desa pangkalan kasai. Contoh adjektiva dalm bahasa jawa dialek surabaya : sakit [loro], lara [teles],baik [apik]. Sedangkan adjektiva dalm bahasa jawa dialek Surabaya dalam bentuk kalimat: anak itu sakit dan tidak tertolong lagi [arek iku loro gak ketulung maneh], baju anak itu basah kena hujan [klambine arek iku teles , anak itu baik hatinya [erek iku apik atine] dan sebagainya.
Adjektiva memberikan  informasi sifat terhadap nomina atau verba yang umumnya mendahuluinya dalam suatu frase atau kalimat. peran dan fungsi adjektiva bahasa Jawa dialek Surabaya di desa Pangkalan Kasai ini dapat dilihat dari frekuensinya bahwa pemakaian bahasanya tergolong banyak digunakan. Kusno (1990:73) berpendapat “Adjektiva adalah kata yang menjelaskan kesifatan atau keadaan suatu benda atau yang dibendakan”.
Penelitian ini dimaksudkan untuk megetahui proses adjektiva yang terdapat pada bahasa jawa dialek surabaya. selain itu, penelitian ini juga dimaksudkan sebagai salah satu pendokumentasian bahasa daerah. Untuk itu, penulis mencoba menggarap penelitian dengan judul “Adjektiva bahasa Jawa dialek Surabaya di Desa Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu”.
Penelitian ini adalah peelitian lanjutan. Peneliti pertama adalah Abaidah, tahun 2011, FKIP  Universitas Islam Riau yang berjudul Adjektiva Bahasa Melayu Riau Dialek Sialang Godang Kecamatan Bandar Patalangan Kabupaten Pelalawan. Masalah penelitian ini adalah bagaimaa adjektiva bertaraf dari segi perilaku semantisnya yang terdapat pada bahasa Melayu Riau dialek Godang Kecamatan Bandar Petalangan. Lokasi penelitiannya adalah Desa Bandar Petalangan. Teori yang digunakan adalah teori Kridalaksana dan teori Hasan Alwi. Metode yang digunakan metode deskriptif. Teori yang dipakai adalah teori Alwi. “Adjektifa Bahasa Jawa dialek Surabaya di Desa pangkalan Kasai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu”.                                           
kedua peelitia ini diteliti oleh Hesni Yanti  dengan judul Adjektiva Bahasa Melayu Riau Dialek Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Tengah tahun 1999 FKIP UNRI. Dengan masalah (1) Bagaimana Adjektiva dan segi prilaku semantisnya dan (2) pertarafan Adjektiva dalam bahasa Melayu Riau dialek Kari. Lokasi penelitiannya adalah Desa Kuantan Tengah. Teori yang dipakai adalah teori Kridalaksana dan Papera. Metode yang digunakan metode Deskriptif.
Ketiga Rissa Bella Lestari, tahun 2012, FKIP Universitas Islam Riau yang berjudul Adjektiva Bahasa Melayu Riau Dialek Sorek Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan tahun 2012 FKIP UIR. Masalah dalam penelitian ini adalah apasajakah pertarafan Adjektiva untuk tingkat kualitas dan banding dalam adjektiva Bahasa Melayu Riau Dialek Sorek Kecamatan Pangkalan Kuran Kabupaten Pelalawan. Lokasi penelitiannya adalah Desa Pangkalan Kuras. Teori yang digunakan adala teori Alwi. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif. Dengan hasil penelitiannya yaitu ada 4 Adjektiva dari segi prilaku semantisnya, adjektiva dari segi prilaku sintaksisnya, adjektiva fungsi atribut, dan pertarafan adjektiva.
Penelitian ini di harapkan dapat memberikan manfaat baik secara praktis dan teoritis. manfaat praktis adalah menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembaca untuk lebih mengenal dan memahami Adjektiva Bahasa Jawa dialek Surabaya di Desa Pangkalan Kasai dan sebagai masukan dan informasi bagi lembaga pendidikan. Manfaat teoritis adalah dapat dijadikan sebagai salah satu pedoman dalan pembelajaran bahasa Jawa dan sebagai pedoman atau landasan untuk penelitian lebih lanjut baik terhadap bahasa maupun bidang lainnya.
1.1.2        Masalah
Berdasarkan masalah Adjektiva pada latar belakang diatas, pada bahasa Jawa dialek Surabaya ini maka dapatlah dirumuskan maslah penelitian ini sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah Adjektiva bertaraf dari segi perilaku semantisnya yang terdapat pada bahasa Jawa dialek Surabaya di Desa Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu?
2.      Bagaimanakah Adjektiva tak bertaraf dari segi prilaku semantisnya yang terdapat pada bahasa Jawa Dialek Surabaya di Desa Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu?
1.1.3        Tujuan Penelitian
Berdasarkan masalah di atas, penelitian ini bertujuan sebagai berikut:
1.      Untuk mengatasi Adjektiva bertaraf dari segi prilaku semantis yang terdapat pada bahasa Jawa Dialek Surabaya di Desa Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu.
2.      untuk mengetahui Adjektiva tak bertaraf dari segi prilaku semantis yang terdapat pada Bahasa Jawa Dialek Surabaya di Desa Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu.

1.1.4        Teknik Pengumpulan Data
Untuk mengumpulkan data adjektiva bahasa Jawa dialek Surabaya di Desa Pangkalan Kesai meliputi adjektiva dari segala perilaku semantisnya, penulis menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, teknik rekaman dan teknik catatan.
1.      Observasi
Observasi dilakukan pertama kali untuk melihat daerah yang akan dijadikan sebagai tempat penelitian. Dalam penelitian ini penulis terlibat langsung dalam pengumpulan data. Kemudian peneliti melakukan observasi langsung dengan datang kelokasi penelitian tujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi masyarakat disana dan untuk menentukan siapa saja yang akan menjadi informan, sehingga ketika melakukan penelitian kita sudah mengetahui bagaimana cara mendekatkan diri kepada narasumber atau informan.
            Observasi dilakukan untuk memperoleh data dan informasi secara langsung tentang adjektiva serta pemakaian bahasa Jawa yang digunakanoleh masyarakat Pangkalan Kasai. Menurut Abdul Halim (2011:132) “ Observasi adalah suatu studi kesengajaan dan dilakukan secara sistematis berencana melalui proses pengamatan atas gejala-gejala yang terjadi pada saat itu”.
            Kegiatan observasi ini dilakukan pada tanggal 22 januari 2013 untuk melakukan pengamatan terhadap informan. Hal ini dilihat dari persyaratan yang telah dilampirkan yaitu penutur yang minimalnya berusia 30 tahun dan masih menggunakan bahasa Jawa Surabaya yang berada di daerah Riau.

2.      Teknik wawancara
Teknik wawancara, yakni dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan langsung kepada penutur asli masyarakat Desa Pangkalan Kasai Kecamata Sebrida yag berupa kalimat yang berkaitan dengan adjektiva. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi langsung dengan informan. Menurut Abdul Halim (2011:130) “wawancara adalah salah satu cara untuk mendapatkan keterangan secra lisan dari koresponden/informasi dengan bercakap-cakap, dengan tujuan untuk mengumpulka keterangan demi menyempurnakan data yang reprentatif”. Ketika melakukan wawancara, peneliti langsung merekam kegiatan wawancara tersebut dengan meggunakan HP. Wawancara pertama dilakukan pada tanggal 28 april 2013, pukul 10:00 WIB, dirumah informan 1 yaitu Mulyono.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar